Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam untuk Kelas XI SMA/MA

Nengsih, Zarnida Widia (2021) Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ZARNIDA_WIDIA_NENGSIH_17035050_2188_2021.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam dan menguji kevalidan serta kepraktisan sistem pembelajaran yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan pendidikan atau Educational Design Research(EDR) menggunakan model Plomp dengan tiga tahapan, yaitu: (1) preliminary research, (2) development or prototyping phase, dan (3) assessment phase. Penelitian ini dibatasi sampai tahap development or prototyping phase dan tahap evaluasi formatif dibatasi sampai tahap small groups evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas yang dianalisis dengan rumus Aiken’s V dan angket praktikalitas yang dianalisis dengan cara persentase. Berdasarkan hasil penelitian, sistem pembelajaran yang dikembangkan telah valid dengan nilai V = 0,87 dari validasi oleh ahli materi dan nilai V = 0,865 dari validasi oleh ahli media, sedangkan tingkat praktikalitasnya termasuk kategori sangat praktis dengan persentase dari peserta didik = 92% dan persentase dari guru = 88%. Oleh karena itu, sistem pembelajaran yang telah valid dan praktisini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pelaksanaan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:44
Last Modified: 27 Oct 2021 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34928

Actions (login required)

View Item View Item