Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas III SDN 15 Lansano Pesisir Selatan

Hazizi, Nurul (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas III SDN 15 Lansano Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NURUL_HAZIZI_17129390_3411_2021.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran belum berpusat pada peserta didik, yang mana guru pada pembelajaran tematik terpadu ini belum memperkenalkan peserta didik dengan masalah nyata yang dekat dengan lingkungan peserta didik . Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kelas di sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 28 orang peserta didik yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan.Tempat dalam penelitian ini adalah SDN 15 Lansano Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukan peningktan RPP siklus 1 77,77% dengan kualifikasi cukup ( C ), meningkat pada siklus II 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Peningkatan aspek guru pada siklus I 83,92% dengan kualifikasi baik (B) , meningkat pada siklus II 96,42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Peningkatan aspek peserta didik memperoleh rata-rata 83,92% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II 96,42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh 67,10% meningkat pada siklus II yaitu 84,07%. Dapat disimpulakn bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:40
Last Modified: 27 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34916

Actions (login required)

View Item View Item