Pengaruh Penggunaan Model Student Fasilitator And Eksplaining dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas VII Di SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Alti, Witra (2020) Pengaruh Penggunaan Model Student Fasilitator And Eksplaining dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas VII Di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
A_04_WITRA_ALTI_1488_18161046_2020.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model student fasilitator and eksplaining dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajarn konvensional. (2) Perbadaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model student fasilitator and eksplaining dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional bagi siswa yang memiliki minat belajar tinggi. (3) Perbadaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model student fasilitator and eksplaining dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional bagi siswa yang memiliki minat belajar rendah. (4) Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini di lakukan kelompok kelas ekperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran student fasilitator and eksplaining, dan kelas kontrol sebagai pembanding dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 49 sampel siswa. Teknik pengumpulan data minat belajar dengan menggunakan angket, sedangkan pada hasil belajar yaitu tes yang berbentuk pilihan ganda dan penilaiaan diri pada akhir pembelajaran. Teknik analisis data dengan uji persyaratan analisis data dan hipotesis dengan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Student Fasilitator and Eksplaining (SFE) dengan pembelajaran konvensional. (2) Hasil belajar siswa pada tingkat kategori minat belajar tinggi yang diberi perlakuan model pembelajaran Student Fasilitator and Eksplaining (SFE) lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional pada kategori minat belajar tinggi. (3) Hasil belajar siswa pada tingkat kategori minat belajar rendah yang diberi perlakuan model pembelajaran Student Fasilitator and Eksplaining (SFE) lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional pada kategori minat belajar rendah. (4) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Student Fasilitator and Eksplaining (SFE) dan pembelajaran konvensioanal dengan minat belajar (kategori tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:40
Last Modified: 27 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34915

Actions (login required)

View Item View Item