Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 7 Kelas IV SD Negeri 13 Guguak Randah

Sari, Novyta (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 7 Kelas IV SD Negeri 13 Guguak Randah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NOVYTA_SARI_17129159_3012_2021.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan-kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu guru belum mengembangkan model pembelajaran yang tepat pada rpp,langkah pembelajaran yang dibuat tidak sesuai dengan apa yang direalisasikan pembelajaran yang dilaksanakan belum berorientasi kepada masalah,guru kurang memupuk kemampuan dari peserta didik untuk memecahkan masalah nyata yang ada disekitar mereka sehingga proses pembelajaran kurang bermakna bagi peserta didik ) dan pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat kepada guru(teacher centered). Sehingga hal semacam ini berdampak kepada hasil belajar peserta didik yang mayoritas rendah. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model problem based learning (pbl) pada pembelajaran tematik terpadu tema 7 kelas iv sd negeri 13 guguak randah Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari bertetapan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV SD N 13 Guguak Randah dimana tercatat peserta didik sebanyak 15 orang, 5 orang peserta didik laki-laki dan 10 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan siklus I memperoleh rata-rata 87,45 dengan kualifikasi baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 97,2 dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I memperoleh rata-rata 82,1 dengan kualifikasi cukup (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,8 dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan pada aspek peserta didik, siklus I memperoleh rata-rata 82,1 dengan kualifikasi baik (B) kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,8 dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 76,8 dengan tingkat keberhasilan cukup (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 89,7 dengan tingkat keberhasilan sangat baik (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu tema 7 kelas IV SD Negeri 13 Guguak Randah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:02
Last Modified: 26 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34907

Actions (login required)

View Item View Item