Hubungan Kontrol Diri dengan Penggunaan Gadget Siswa SMA

Debora, Niken (2021) Hubungan Kontrol Diri dengan Penggunaan Gadget Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NIKEN_DEBORA_16006099_1869_2021.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin canggih, terutama dibidang teknologi salah satunya gadget, sehingga dapat menimbulkan dampak positif dan dampak negatif bagi penggunanya. Salah satu dampak negatif adalah penggunaan gadget yang berlebihan pada siswa, dalam penggunaannya siswa tidak mampu mengontrol diri untuk bermain gadget. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan kontrol diri siswa, (2) Mendeskripsikan penggunaan gadget siswa, dan (3) untuk menguji hubungan kontrol diri dengan penggunaan gadget siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deksriptif korelasional. Subjek penelitian ini sebanyak 245 orang siswa dengan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan model skala likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan untuk menguji hubungan kontrol diri dengan penggunaaan gadget digunakan teknik Rank Spearman Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kontrol diri siswa pada umumnya berada pada kategori sedang, (2) penggunaan gadget siswa berada pada kategori tinggi, (3) tidak terdapat hubungan antara kontrol diri dengan penggunaan gadget siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran peneliti terhadap guru bimbingan dan konseling untuk lebih meningkatkan kontrol diri siswa dengam memberikan layanan bimbingan informasi, layanan bimbingan kelompok, agar mampu mengontrol dirinya dengan lebih baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:00
Last Modified: 26 Oct 2021 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34901

Actions (login required)

View Item View Item