Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang

Muharman, Titha (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TITHA_MUHARMAN_16029138_2148_2021.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasyexperiment) dengan rancangan penelitian Static Group Design. Pada rancangan ini, populasinya seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis. Hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji –t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif TTW dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 11 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:00
Last Modified: 26 Oct 2021 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34900

Actions (login required)

View Item View Item