Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 15 Lansano Pesisir Selatan

Fatrisia, Nadia (2021) Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 15 Lansano Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NADIA_FATRISIA_17129370_4512_2021.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan guru yang hanya menggunakan RPP yang ada pada buku guru tanpa melakukan pengembangan RPP dan model yang sesuai. Pembelajaran lebih terfokus pada guru, belum ada pengalaman langsung yang dirasakan peserta didik, dan Peserta didik Kesulitan menemukan sendiri konsep pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 15 Lansano Pesisir Selatan. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 23 orang peserta didik kelas V A SDN 15 Lansano Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan penilaian RPP. Hasil pengamatan RPP siklus I memperoleh rata-rata 85,71% dengan kategori B (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% kategori Sangat Baik (SB). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 82,81% dengan kategori Baik (B) meningkat pada siklus II yaitu 93,75% dengan kategori Sangat Baik (SB). Pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 82,81% dengan kategori Baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil belajar Peserta didik siklus I memperoleh rata-rata nilai 77,57 dengan Predikat Baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 85,56 dengan kategori Sangat Baik (-A). Dengan demikian Penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas VA SDN 15 Lansano Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:00
Last Modified: 26 Oct 2021 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34897

Actions (login required)

View Item View Item