Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Selamat Tinggal Karya Tere Liye dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel di SMA

Adawiyah, Siti (2021) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Selamat Tinggal Karya Tere Liye dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SITI_ADAWIYAH_17016043_2540_2021.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan nilai pendidikan karakter kerja keras, nilai pendidikan karakter kreatif, nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu, nilai pendidikan karakter untuk gemar membaca, nilai karakter menghargai prestasi yang terdapat dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye. Kedua, mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran teks novel di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Teknik pengabsahan data adalah dalam penelitian ini adalah teknik uraian rinci. Teknik analisis data dilakukan dengan cara. Pertama, reduksi data. Kedua, penyajian data. Ketiga, verifikasi data. Hasil penelitian ada lima. Pertama, data yang mengandung nilai pendidikan karakter kerja keras dengan indikator berusaha sekut tenaga, pantang menyerah, dan semangat. Kedua, data yang mengandung nilai pendidikan karakter kreatif dengan indikator mengemukakan ide barn. Ketiga, data yang mengandung nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu dengan indikator bertanya. Keempat, data yang mengandung nilai pendidikan karakter gemar membaca dengan indikator memanfaatkan waktu luang untuk membaca koran, majalah, buku bacaan, baik berupa novel, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Kelima, data yang mengandung nilai pendidikan karakter menghargai prestasi dengan indikator memberi ucapan selamat dan dua memberi hadiah. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia dan pembelajaran lainnya baik di kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:49
Last Modified: 26 Oct 2021 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34891

Actions (login required)

View Item View Item