Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Materi Transformasi Geometri SMA Kelas XI

Nofiah, Nofiah (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Materi Transformasi Geometri SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NOFIAH_16029021_2286_2021.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis guided inquiry untuk materi transformasi geometri yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan (Preliminary Research), pembuatan prototipe (Prototyping Stage), dan fase penilaian (Assessment Phase). Tahap preliminary research meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. prototyping phase merupakan tahap yang terdiri dari prototype 1, prototype 2, prototype 3 dan prototype 4. Pada protoype 1dilakukan evaluasi sendiri (self evluation). Pada protoype 2 dilakukan expert reviews yang diperlukan untuk uji validitas LKPD berbasis guided inquiry. Pada prototype 3 dilakukan evaluasi sendiri (one to one evaluation) yaitu mengujicobakan LKPD berbasis guided inquiry yang sudah divalidasi kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan berbeda. Pada tahap small group evaluation dilakukan uji coba kepada enam orang peserta didik dengan kemampuan berbeda untuk mengetahui praktikalitas LKPD berbasis guided inquiry. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD mempunyai tingkat validitas 74,14% dengan kategori valid dan mempunyai tingkat praktikalitas 91,32% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan dari hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis guided inquiry pada materi transformasi geometri untuk peserta didik SMA kelas XI dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:49
Last Modified: 25 Oct 2021 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34857

Actions (login required)

View Item View Item