Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 14 Sei Sirah Kab. Pesisir Selatan

Susanti, Nadila (2021) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 14 Sei Sirah Kab. Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_NADILA_SUSANTI_17032157_3384_2021.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Selada adalah salah satu sayuran yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Untuk bidudaya tanaman selada dapat digunakan sistem hidroponik. Nutrisi sistem hidroponik yang biasa digunakan yaitu nutrisi kimia anorganik, yang memiliki harga jual cukup mahal. Penggunaan pupuk organik cair pada budidaya hidroponik merupakan alternatif untuk menekan penggunaan pupuk anorganik. Eco enzyme merupakan larutan hasil fermentasi yang diproduksi dari sisa organik, gula dan air. Eco enzyme memiliki banyak manfaat selah satunya sebagai pupuk tanaman . Pada penelitian ini eco enzyme diaplikasikan dengan cara disemprotkan pada tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyemprotan eco enzyme terhadap pertumbuhan selada (Lactuca sativa L.) yang dibudidayakan sacara hidroponik. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan februari sampai mei 2021 di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Rumah Kawat Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan dengan pengencera larutan eco enzyme, K (kontrol), P2 (1mL eco enzyme + 1L air), P3 (2mL eco enzyme + 1L air), P4 (3mL eco enzyme +1L air), dan P5 (4mL eco enzyme + 1L air). Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA) dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT). Berdasarkah hasil penelitian dapat disumpulkan bahwa penyemprotan eco enzyme berpengaruh pada pertumbuhan tinggi tanaman dan berat kering tanaman selada (Lactuca sativa L.). yang dibudidayakan secara hidroponik. Rata-rata tertinggi, tinggi tanaman adalah pada P5 29,625cm dan rata-rata berat kering tertinggi adalah pada P5 0,48 g.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:45
Last Modified: 25 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34843

Actions (login required)

View Item View Item