Saputri, Indah Rahmad (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) di Kelas V UPT SDN 26 Painan Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_6_INDAH_RAHMAD_SAPUTRI_17129339_3015_2021.pdf Download (434kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini disebabkan karena Peserta didik belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran serta guru belum variatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dan merasa jenuh selama proses pembelajaran. Oleh karena itu tindakan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan model Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) di kelas V UPT SDN 26 Painan Selatan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan. Sedangkan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V UPT SDN 26 Painan Selatan yang berjumlah 26 orang terdiri dari 13 orang peserta didik laki-laki dan 13 orang peserta didik perempuan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan RPP, pelaksanaan pembelajaran aspek guru, pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 75% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi amat baik (AB). Pada hasil pengamatan aspek guru siklus I rata-rata 76.56% dengan kualifikasi baik (B) meningkat menjadi 96,87% dengan kualifikasi amat baik (AB). Pada hasil pengamatan aspek peserta didik siklus I rata-rata 75% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 92.18% dengan kualifikasi amat baik (AB). Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 73.47 dengan kualifikasi (C) meningkat menjadi 91,08 dengan kualifikasi (AB). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V UPT SDN 26 Painan Selatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 07:44 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 07:44 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34839 |
Actions (login required)
View Item |