Validasi Desain Perangkat Pembelajaran Berorientasi Taksonomi Bloom Revisi pada Materi Elastisitas untuk Pembelajaran Fisika di SMA

Aini, Halima (2021) Validasi Desain Perangkat Pembelajaran Berorientasi Taksonomi Bloom Revisi pada Materi Elastisitas untuk Pembelajaran Fisika di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_HALIMA_AINI_17033014_3785_2021.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi taksonomi Bloom revisi pada materi elastisitas sampai dengan tahap validasi ahli dan praktisi pembelajaran fisika di SMA. Penelitian ini termasuk ke dalam Research and Development (RnD) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahapan yang dilaksanakan hanya sampai tahap Development (validasi) yang melibatkan 3 orang dosen Jurusan Fisika FMIPA UNP dan 3 orang guru fisika di Kabupaten Kuantan Singingi sebagai tim ahli dan praktisi pendidikan untuk memvalidasi produk yang dihasilkan. Dalam penelitianini dilibatkan 3 sekolah dengan kategori kualitas tinggi, sedang dan rendah sebagai sampel untuk mendapat data lapangan guna keperluan analisiskebutuhan produk yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan desain produk yang dihasilkan untuk RPP diperoleh nilai validasi rata-rata dosen sebesar 82,37 % dalam kategori sangat valid, dan nilai validasi rata-rata guru sebesar 80,39 % dalam kategorivalid. Untuk bahan ajar hasil validasi rata-rata dosen sebesar 86,49 % dalam kategori sangat valid, dan nilai validasi rata-rata guru sebesar 87,87 % dalam kategori sangat valid. Untuk instrumen evaluasi hasil validasi rata-rata dosen sebesar 79,48 % dalam kategori valid, dan nilai validasi rata-rata guru sebesar 76,24 % dalamkategori valid. Secara umum penelitian ini menyimpulkan bahwa desain perangkat pembelajaran yang dihasilkan berada pada kategori antara valid dansangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:39
Last Modified: 25 Oct 2021 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34813

Actions (login required)

View Item View Item