Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay di Kelas III SD Negeri 24 Sungai Cubadak Kabupaten Agam

Defitra, Defitra (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay di Kelas III SD Negeri 24 Sungai Cubadak Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DEFITRA_12179199_2868_2021.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan belum adanya penggunaan model-model pembelajaran saat proses kegiatan pembelajaran, siswa belum mampu memecahkan suatu permasalahan dengan berdiskusi dengan temannya, dan siswa tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan penerapan suatu model yang bisa membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan karena saat proses pembelajaran siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil serta diselingi dengan game-game atau permaian, sehingga siswa tidak bosan dan menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Course Review Horay di kelas III SDN 24 Sungai Cubadak Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas III SDN 24 Sungai Cubadak Kabupaten Agam berjumlah 22 orang. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 90% (baik) dan siklus II 93,18% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 85,23% (baik) dan siklus II 95,25% (sangat baik), sedangkan aktivitas siswa pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 84,09% (baik), dan siklus II 93,18% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 71,97 dengan persentase ketuntasannya 40,91% dan siklus II yaitu 85,47 dengan persentase ketuntasannya 81,81%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:20
Last Modified: 15 Oct 2021 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34744

Actions (login required)

View Item View Item