Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Kelas X SMK Negeri 5 Padang

Ayusya, Aldy (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Kelas X SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ALDY_AYUSYA_1302258_3268_2021.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Kelas X SMK Negeri 5 Padang, disebabkan oleh penggunaan metode dalam proses pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga pembelajaran yang dilakukan cukup membosankan sehingga siswa kurang aktif ketika proses pembelajaran yang hanya menyimak apa yang di sampaikan oleh guru dan pada akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh hasil belajar siswa mata pelajaran dasar-dasar konstruksi yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas X SMK N 5 Padang, dan (2) Perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran dasar-dasar konstruksi yang diajar menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe STADdan yang diajar dengan pembelajaran konsvensional pada siswa kelas X SMK N 5 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Quasi Eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis dilakukan dengan uji hipotesis yaitu uji-t. Hasil penelitian diperoleh (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa mata pelajarandasar-dasar konstruksi pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan hasil belajar kelas kontrol yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X DPIB SMK Negeri 5 Padang, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dimana nilai thitung (7.196)> ttabel (1.70562) pada (sig 2 tailed) 0,000 < 0,05. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran dasar-dasar konstruksi pada siswa kelas X DPIB SMK Negeri 5 Padang yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STADdan yang diajar denganpembelajaran konsvensional. Terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 80.46 dan kelas kontrol sebesar 76.92.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:19
Last Modified: 15 Oct 2021 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34737

Actions (login required)

View Item View Item