Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Berbasis IT dalam Kondisi Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Rakasiwi, Sasha Dilla (2021) Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Berbasis IT dalam Kondisi Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_SASHA_DILLA_RAKASIWI_16073100_2007_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Sistem pembelajaran di Indonesia yang berlangsung saat ini terjadi pergantian yang diakibatkan adanya pandemi (Covid-19). Pendidikan berperan sebagai langkah dini yang utama dalam individu anak untuk mengalami pertumbuhan jaman, lewat pendidikan anak dibekali dengan keahlian intelegensi, soft skill serta dan pendidikan kepribadian, religius serta melatih pengendalian emosional yang baik. Virus Corona (Covid-19) telah masuk di Indonesia sudah mengganti sistem pendidikan sekolah mendekati setengah daerah di Indonesia membentuk pembelajaran tidak langsung (online). Akibatnya prosedur belajar yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, ceramah serta interaksi fiksi ataupun secara langsung berganti sebagai online berbasis IT. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan siswa selama proses belajar berbasis IT dalam kondisi pandemi Covid-19 di SMK 1 Negeri Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yang dilakukan mulai tanggal 22 Februari 2021 sampai 12 Maret 2021, pada semester genap tahun ajaran 2020 sampai 2021, dengan bantuan IBM SPSS Statistic 26 untuk melakukan pengolahan data dan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Sampel penelitian adalah siswa kelas X TKRO 1 dan X TKRO 2 sebanyak 61 orang. Hasil penelitian menyatakan bahwa Persepsi siswa terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar berbasis IT dalam kondisi pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat, dapat ditinjau dari variabel teknologi, individu dan lingkungan. Dengan ini bisa dikatakan atau sudah terlaksana dengan baik terbukti sesuai dengan angket yang diisi oleh siswa di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Pelaksanaan proses belajar mengajar berbasis IT dalam kondisi pandemi covid-19 sudah berjalan dengan baik, ini terbukti dari analisa data bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar yang dilihat dari variabel teknologi berada pada kategori baik dengan skor rata- rata 4,0. Variabel individu berada pada kategori baik dengan skor rata- rata 4,1. Dan variabel lingkungan dengan kategori cukup baik dengan skor rata- rata 3,3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:15
Last Modified: 15 Oct 2021 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34724

Actions (login required)

View Item View Item