Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA N 3 Payakumbuh

Putri, Nadia (2021) Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA N 3 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NADIA_PUTRI_17016089_2306_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pelaksaan penelitian ini ada empat, yaitu (1) mendeskripsikan penggunaan kalimat dalam teks eksplanasi dari segi kejelasan struktur siswa kelas XI SMA N 3 Payakumbuh, (2) mendeskripsikan penggunaan kalimat dalam teks eksplanasi dari segi kelogisan makna siswa kelas XI SMA N 3 Payakumbuh, (3) mendeskripsikan penggunaan kalimat dalam teks eksplanasi dari segi kehematan kata siswa kelas XI SMA N 3 Payakumbuh, (4) mendeskripsikan penggunaan kalimat dalam teks eksplanasi dari segi kebakuan kata siswa kelas XI SMA N 3 Payakumbuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penggunaan kalimat dalam teks eksplanasi dari segi kejelasan struktur siswa kelas XI SMA N 3 Payakumbuh? (2) bagaimanakah penggunaan kalimat dalam teks eksplanasi dari segi kelogisan makna siswa kelas XI SMA N 3 Payakumbuh? (3) bagaimanakah penggunaan kalimat dalam teks eksplanasi dari segi kehematan kata siswa kelas XI SMA N 3 Payakumbuh? (4) bagaimanakah kalimat dalam teks eksplanasi dari segi kebakuan kata siswa kelas XI SMA N 3 Payakumbuh? Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif Data dalam penelitian ini adalah penggunaan kalimat dalam teks eksplanasi. Sumber data tersebut berupa teks-teks eksplanasi yang diperoleh dari sumber penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tugas teks eksplanasi karya siswa kelas XI SMA N egeri 3 Payakumbuh tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini ada empat, yaitu (1) mengidentifikasi siswa berdasarkan nama siswa, kode data, dan judul teks yang telah diurutkan, (2) menginventarisasi gambaran umum data berdasarkan tujuan pengumpulan data melalui menganalisis teks berdasarkan aspek yang diteliti, (3) mengklasifikasikan data berdasarkan penggunaan kalimat, ( 5) pengklasifikasian data dilakukan berdasarkan kejelasan struktur, kelogisan makna, kehematan kata, dan kebakuan kata. Mengiterpretasikan data berdasarkan teori dan menyimpulkan temuan dengan menulis laporan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teks-teks eksplanasi karya siswa kelas XI SMA N 3 Payakumbuh masih banyak terdapat penggunaan kalimat yang tidak sesuai dengan indikator penggunaan kalimat yang benar. Penggunaan kalimat dari segi kejelasan struktur aktif pasif merupakan penggunaan kalimat yang paling banyak terdapat kesalahan, yaitu yang paling banyak disebabkan oleh keterangan tidakberbentuk subjek dan paling sedikit disebabkan oleh subjek tidak hilang, dari segi kelogisan makna penggunaan kalimat paling banyak terjadi disebabkan oleh hubungan makna S dengan P, dari segi kehematan kata penggunaan kalimat yang paling banyak terjadi pada penggunaan kata yang dibutuhkan dan hampir tidak ada kesalahan pada penggunaan kata bersinonim, dan dari segi kebakuan kata terjadi sebesar 18,89% atau 192% penggunaan kalimat yang tidak tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:58
Last Modified: 14 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34676

Actions (login required)

View Item View Item