Penggunaan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di Kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Kapur-IX Kabupaten Lima Puluh Kota

Zahra, Nabila Laila (2021) Penggunaan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di Kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Kapur-IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NABILA_LAILA_ZAHRA_16023043_804_2021.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

Penelitian mi bertujuan mendeskripsikan penggunaan aplikasi Whatsappsebagai aplikasi bantuan untuk berkomunikasi antara guru dan siswa dan antara siswa dengan siswa pada pembelajaran seni budaya (Tari) di Kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Kapur-IX Kabupaten Lima Puluh Kota, di mana masalah penelitian dilatarbelakangi oleh situasi pembelajaran seni budaya (tari) yang terjadi pada masa pandemi covid-19, pada materi pelajaran tari kreasi. Kajian teori yang dipakai dalam penelitian ini berhubungan dengan pengertian Belajar dan Pembelajaran; Media dan Aplikasi dalam Pembelajaran; Penggunaan Aplikasi Whatsapp sebagai Aplikasi Bantuan dalam Pembelajaran; dan Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di SMA. Metode penelitian yang digunakan berjenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Berdasarkanhasil penelitian selama empat kali KBM, peneliti dapat menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi whatsapp yang sudah biasa digunakan guru dan siswa dalam berkomunikasi sehari-hari pada HP, bisa dimanfaatkanjuga untuk komunikasi dalam pembelajaran tari. Hal ini dimungkinkan karena aplikasi wa yang mudah digunakan, mendorong guru untuk dapat menggunakannya dalam pembelajaran, terutama dengan membuat grup hatsapp untuk tujuan KBM yang dilaksanakan secara daring. Dengan adanya whatsapp maka guru yang memberikan pelajaran tari di sekolah secara daring, bisa diikuti oleh siswa di rumah, meskipun tidak saling bertatap muka. Melainkan dengan berbagi pesan chatt, berbagi foto, video, dan audio, guru dapat memnadu pembelajaran tari dengan baik secara daring baik untuk pembelajaran teori maupun pembelajaran praktek secara terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:57
Last Modified: 14 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34672

Actions (login required)

View Item View Item