Strategi Adaptasi Pedagang di Pasar Penampungan Sementara Kota Pariaman

Mardatillah, Fitra (2020) Strategi Adaptasi Pedagang di Pasar Penampungan Sementara Kota Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_FITRA_MARDATILLAH_1297_15058004_2020.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebijakan yang diberlakukan pemerintah Kota Pariaman untuk merevitalisasi pasar tradisional Pariaman, sehingga pedagang harus direlokasi ke pasar penampungan sementara yang kodisinya tidak memadai dalam kurun waktu yang tidak dipastikan. Adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada kondisi sebuah pasar akan mempengaruhi setiap elemen yang ada di dalam pasar. Pedagang sebagai salah satu elemen yang ada di dalamnya harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kondisi pasar yang berubah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi adaptasi pedagang di pasar penampungan sementara Kota Pariaman. Penelitian ini dianalisis menggunakan Teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Talcott Parsons yang menjelaskan bahwa untuk menjaga keseimbangan suatu sistem agar tidak mengalami kehancuran maka harus berjalan fungsi AGIL. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian Studi Kasus. Untuk pemilihan informan dilakukan cara purposive sampling (sampel tujuan). Informan berjumlah 19 orang yang tediri dari dari 15 orang pedagang di pasar penampungan sementara, 2 orang pembeli dan 2 orang dari dinas perdagangan Kota Pariaman. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif analisis yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman melalui langkah-langkah reduksi data, model data, dan kesimpulan/ verifikasi.Temuan di lapangan menunjukan bahwa terdapat beberapa bentuk strategi adaptasi yang dilakukan pedagang di pasar penampungan sementara Kota Pariaman yaitu: 1) mempertahankan konsumen, didapatkan melalui nilai kejujuran yang dilakukan pedagang; 2) kerjasama, pedagang saling tolong menolong; 3) memanfaatkan waktu efektif, dengan memperhatikan waktu banyaknya pengunjung; 4) megurangi kuantitas barang dagangan, menyesuaikan jumlah barang dengan ukuran kios; 5) berjualan online; 6) menyewa dan menyewakan kios, pedagang ada yang menyewakan kios kepedagang lain dan menyewa kios ke tempat yang strategis; 7) menyewa gudang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:19
Last Modified: 14 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34650

Actions (login required)

View Item View Item