Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat (Lullaby) Lalok dalam Buaian Masyarakat Desa Koto Panjang Nagari Punggasan Timur Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Novendra, Romi (2021) Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat (Lullaby) Lalok dalam Buaian Masyarakat Desa Koto Panjang Nagari Punggasan Timur Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ROMI_NOVENDRA_17017027_01_2021.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) struktur nyanyian rakyat (lullaby) Lalok dalam Buaian Masyarakat Desa Koto Panjang Nagari Punggasan Timur Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan; dan (2) fungsi sosial nyanyian rakyat (lullaby) Lalok dalam Buaian Masyarakat Desa Koto Panjang Nagari Punggasan Timur Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan penerapan metode deskriptif. Data penelitian adalah teks syair nyanyian rakyat (lullaby) Lalok dalam Buaian. Data penelitian diperoleh dari informan melalui teknik perekaman, pencatatan, pengamatan dan wawancara. Data yang telah terkumpul selanjutnya akan dianalisis dengan beberapa tahap: (1) tahap deskriptif; (2) tahap klasifikasi; (3) tahap interpretasi dan; (4) tahap pelaporan. Hasil penelitian yang terkandung yaitu struktur dan fungsi sosial. Pertama, struktur nyanyian rakyat (lullaby) Lalok dalam Buaian ada dua jenis. 1) struktur fisik yang terkandung dalam teks syair nyanyian rakyat (lullaby) Lalok dalam Buaian yaitu; (1) diksi; (2) pengimajian (3) pengongkretkan kata (4) terkandung majas metafora dan hiperbola; (5) versifikasi (6) tipografi. 2) struktur batin yaitu: (1) tema; (2) perasaan (feeling); (3) nada suasana; (4) amanat (pesan). Kedua, fungsi sosial yaitu; (1) sarana kreatif; (2) protes sosial; (3) pembangkit semangat; (4) harapan dan doa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:16
Last Modified: 14 Oct 2021 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34637

Actions (login required)

View Item View Item