Tingkat Kepuasan Mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang terhadap E-Resources Koleksi UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang menggunakan Metode EUCS

Wilanda, Ratih Desnita (2021) Tingkat Kepuasan Mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang terhadap E-Resources Koleksi UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang menggunakan Metode EUCS. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_RATIH_DESNITA_WILANDA_17234057_2595_2021.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai tingkat kepuasan mahasiswa PS-PII UNP terhadap e-resources koleksi UPT Perpustakaan UNP. Tingkat kepuasan mahasiswa PS-PII UNP dianlisis menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Metode ini memiliki lima indikator yaitu, content, accuracy, format, easy of use, dan timeliness. Tujuan penelitian ini ada dua yaitu, mendeskripsikan pemanfaatan e-resources oleh mahasiswa PS-PII UNP dan mendeskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa PS-PII UNP terhadap e-resources yang disediakan oleh UPT Perpustakaan UNP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner pada mahasiswa PS-PII UNP sebagai populasi dalam penelitan dengan status mahasiswa aktif pada periode tahun ajar Juli- Desember 2020/2021 yang berjumlah 336 orang. Penarikan sampel dari penelitian menggunakan teknik sampling insidental dan diperoleh sampel sebanyak 3 7 orang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan pemeriksaan dan kemudian ditabulasikan. Berdasarkan hasil penelitian maka ditarik beberapa kesimpulan. Pertama, mahasiswa PS-PII UNP telah memanfaatkan e-resources yang disediakan oleh UPT Perpustakaan UNP. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, bahwa mahasiswa PS-PII UNP mengetahui adanya layanan e-resources dan mengetahui UPT Perpustakaan UNP berlangganan jumal elektronik. £-resources koleksi UPT Perpustakaan UNP lebih banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan literatur dalam menyelesaikan tugas kuliah. Esresources yang dimanfaatkan tersebut lebih sering diakses oleh mahasiswa PS-PII UNP melalui website provider ebsco dan proquest. Kedua, tingkat kepuasan mahasiswa PS-PII UNP dapat dikategorikan tinggi terhadap e-resources koleksi UPT Perpustakaan UNP yang dianalisis menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil rata-rata jawaban dari seluruh dindikator EUCS yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:15
Last Modified: 14 Oct 2021 04:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34627

Actions (login required)

View Item View Item