Pengaruh Perkuliahan Daring terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Hidrolik dan Pneumatic di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP.

Novari, Ramfit (2021) Pengaruh Perkuliahan Daring terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Hidrolik dan Pneumatic di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RAMFIT_NOVARI_16067024_709_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Perkuliahan yang dilaksanakan secara daring belum optimal, hal disebabkan membutuhkan biaya yang besar karena mahasiswa dituntut untuk membeli kuota internet agar bisa melaksanakan proses perkuliahan. Mahasiswa juga tidak seluruhnya mempunyai laptop untuk mengikuti proses perkuliahan yang dilaksanakan secara daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perkuliahan dalam jaringan terhadap hasil belajar mahasiswa teknik mesin pada mata kuliah Hidrolik dan Pneumatic di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh perkuliahan daring terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Mesin pada mata kuliah hidrolik dan pnuematic di Universitas Negeri Padang dengan jumlah populasi 76 mahasiswa. Teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang sengaja ditetapkan oleh peneliti yang sesuai dengan tujuan penelitian sebanyak 49 mahasiswa. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh harga r sebesar rhitung 0.520 > rtabel 0.282. Setelah dilakukan uji t diketahui bahwa thitung 4.174 > ttabel 1.67793 pada taraf signifikan 5%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kedua variabel dengan taraf signifikan 5% dinyatakan hipotesis diterima dilihat dari hasil tersebut. Pengaruh Perkuliahan Daring terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hidrolik dan Pnuematic di FT-UNP, dengan interprestasi koefisien korelasi 0.520 dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:11
Last Modified: 14 Oct 2021 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34621

Actions (login required)

View Item View Item