Kontribusi Pemahaman Kosakata Bidang Jurnalistik terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Billa, Salsa (2021) Kontribusi Pemahaman Kosakata Bidang Jurnalistik terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SALSA_BILLA_17016175_659_2021.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat pemahaman kosakata jurnalistik siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi pemahaman kosakata bidang jurnalistik terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 252 siswa dari 8 kelas. Sampel pada penelitian ini berjumlah 63 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan jumlah proporsi siswa per kelas. Dalam penelitian ini variabel bebas (X) adalah pemahaman kosakata jurnalistik siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang dan variabel terikat (Y) adalah keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data disimpulkan tiga hal. Pertama, pemahaman kosakata kosakata jurnalistik siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang dengan kualifikasi baik (84,37). Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang dalam kualifikasi baik (82,14). Ketiga, pemahaman kosakata bidang jurnalistik berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:08
Last Modified: 14 Oct 2021 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34611

Actions (login required)

View Item View Item