Penggunaan Pemetaan Konsep Materi Pelajaran oleh Guru untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Seni Musik secara Daring pada Pembelajaran Seni Budaya Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X-2 SMA Negeri 1 Sitiung

Hidayatullah, Syarif (2021) Penggunaan Pemetaan Konsep Materi Pelajaran oleh Guru untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Seni Musik secara Daring pada Pembelajaran Seni Budaya Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X-2 SMA Negeri 1 Sitiung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SYARIF_HIDAYATULLAH_16023462_1002_2021.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan pemetaan konsep materi ajar oleh guru untuk membantu siswa memahami materi pelajaran musik secara teori. Masalah penelitian ini penting untuk diteliti, mengingat pembelajaran musik di masa pandemi membutuhkan strategi penyampaian guru yang lebih menarik dan variatif Dengan penggunaan pemetaan konsep materi pelajaran seni musik ini, diharapkan siswa lebih memahami jalan pikiran dan gagasan yang ada dalam pelajaran yang dipetakonsepkan tersebut. Kajian teori yang dipakai dalam penelitian ini berhubungan dengan pengertian pembelajaran di sekolah; pembelajaran di masa pandemi; pembelajaran seni budaya (musik) sesuai Kl3; dan pemetaan konsep materi pelajaran. Metode penelitian yang digunakan berjenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Berdasarkanhasil penelitian selama tiga kali pertemuan pembelajaran daring di kelas X-2, peneliti dapat menjelaskan bahwa penggunaan pemetaan konsep materi pelajaran seni musik yang dilakukan guru berdasarkan peta konsep materi yang dibuat di papan tulis dan slide powerpoint, telah mendorong peningkatan pemahaman belajar siswa, terutama dalam hal penguasaan materi pelajaran. Sebab dengan adanya pemetaan konsep yang dibuat guru dan selanjutnya juga ditugaskan kepada siswa, menyebabkan siswa lebih memahami materi pelajaran seni musik dengan lebih tersusun, terorganisir dan terstruktur tentunya, sesuar dengan gagasan pikiran teoritis yang ada materi pelajaran yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:06
Last Modified: 14 Oct 2021 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34599

Actions (login required)

View Item View Item