Pembuatan Audiobook sebagai Media Literasi untuk Kelompok Tunanetra di Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato Kota Padang

Afandi, Yoga (2021) Pembuatan Audiobook sebagai Media Literasi untuk Kelompok Tunanetra di Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_YOGA_AFANDI_18026105_2660_2021.pdf

Download (958kB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan makalah tugas akhir ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses pembuatan audiobook sebagai media literasi untuk kelompok tunanetra; dan (2) kendala dan upaya dalam pembuatan audiobook sebagai media literasi untuk kelompok tunanetra. Makalah tugas akhir ini menggunakan j enis penulisan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif melalui pengamatan langsung ke Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato Kota Padang dan wawancara yang melibatkan kepala sub bagian TU dan peserta didik tunanetra. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca dan mempelajari sumber-sumber berupa buku, literatur, dan bahan kuliah yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas dalam makalah tugas akhir ini. Hasil dari pembahasaan pada makalah tugas akhir ini. Pertama, pembuatan audiobook melalui beberapa tahapan; (a) analisis kebutuhan sasaran, pengelola panti dan peserta didik tunanetra membutuhkan alat penunjang belajar seperti audiobook; (b) pembuatan rancangan, berawal dari tahapan pemilihan buku sampai tahapan pemanfaatan audio book untuk peserta didik tuanentra; (c) produksi, memilih buku sesuai keinginan untuk peserta didik tunanetra, penyusunan isi buku dan perekaman isi buku melalui narator; (d) editing, menggunkan 5 aplikasi pendukug yaitu audacity berfungsi untuk menyusun hasil rekaman, adobe edition berfungsi untuk menambah backsound, anchor untuk clearing hasil rekaman yang telah digabung dan photos hop untuk desain cover; ( e) uji coba, bahwa ada kekurangan terhadap kejemihan suara pada audiobook namun secara keseluruhan sudah baik; (e) review revisi, berdasarkan review bersama humas dan publikasi Kantor Gubemur Sumbar, ahli tersebut mengatakan bahwa ada kekurangan terhadap backsound yang sedikit menganggu namun kekurangan tersebut telah diperbaiki dengan fitur yang ada pada aplikasi adobe edition; (f) pemanfaatan, audiobook yang telah jadi digunakan sebagai alat penunjang belajar untuk peserta didik tunanetra. Kedua, kendala dan upaya dalam pembuatan audiobook; (a) tidak semua peserta didik tunanetra yang terlibat dan upaya yang dilakukan mendatangkan peserta didik tunanetra satu-satu; (b) penyusunan materi membutuhkan waktu lama dan upaya yang dilakukan menyusun isi buku dengan jenis abridge agar dapat mempercepat penyusunan materi; (c) terdapat gangguan dalam perekaman suara dan upaya yang dilakukan menggunakan aplikasi voice recorder; dan (d) proses editing yang lama dan upaya yang dilakukan adalah menggunakan aplikasi audacity sebagai menyusun hasil rekaman dan aplikasi anchor sebagai pengabungan total dari hasil rekaman tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Oct 2021 08:35
Last Modified: 12 Oct 2021 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34573

Actions (login required)

View Item View Item