Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMKN 1 Koto XI Tarusan.

Junita, Irma (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMKN 1 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_IRMA_JUNITA_16063014_652_2021.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan proses pembelajaran siswa harus mempunyai bahan ajar sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Modul pembelajaran yang dikembangkan berbentuk bahan ajar online atau dalam bentuk elektronik. Pengembangan modul pembelajaran yang dilakukan untuk mengahasilkan modul pembelajaran yang valid dan praktis. Modul yang dikembangkan yaitu modul pembelajaran Penerapan Rangkaan Elektronika untuk kelas XI TAV yang berbasis Web. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Koto XI Tarusan yang belum mempunyai bahan ajar dalam bentuk elektronik untuk membantu siswa belajar secara mandiri. Pengembangan modul pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Metode penelitian yaitu R&D (Reseach & Development) pada prosedur pengembangan menggunakan 4-D terdapat empat tahap yaitu tahap pertama pendefinisian (define), tahap kedua perancangan (design), tahap ketiga pengembangan (develop) dan penyebaran (dessiminate). Data dikumpulkan menggunakan angket berbentuk skala likert dengan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai validitas pada kategori valid. Uji praktikalitas dengan responden guru diperoleh pada kategori sangat praktis dan uji praktikalitas dengan responden siswa diperoleh pada kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:09
Last Modified: 11 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34463

Actions (login required)

View Item View Item