Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis WEB pada Mata Kuliah PLC dan Pneumatic.

Randa, Gusti (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis WEB pada Mata Kuliah PLC dan Pneumatic. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_GUSTI_RANDA_16063108_756_2021.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Berdasarkan pengalaman peneliti dalam mengikuti mata kuliah PLC dan Pneumatic pada semester lima pada tahun 2018difakultas teknik Universitas Negeri Padang dalam penyampaian materi nya masih menggunakan bahan ajar berupa buku panduan dalam bentuk cetak dibantu dengan media berupa power point yang dimana media tersebut kurang interaktif.Dan setelah melakukan wawancara dengan beberapa mahasiswa angkatan 2018 mereka masih kesulitan memahami materi khususnya pada materi rangkaian diagram ladder menggunakan CX Programer karena tidak di ajarkan cara menggunkannya mereka di tuntut harus mencari sumber atau materi pembelajaran sendiri di youtube secara terpisah.Dengan Kemajuan teknologi informasi telah memungkinkan peniliti untuk mengembangkan pembelajaran dalam mengubah penyajian bahan ajar, dalam hal ini modul cetak, menjadi modul yang dikemas dalam formatdigital, atau dikenal dengan istilah modul elektronik (e-modul).Untuk pembuatan modul yang lebih interaktif peneliti menggunakan aplikasi canva.Canva adalah sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online salah satunya adalah pembuatan e-modul dengan fitur animasi bergerak membuat modul lebih menarik serta penambahan link videoyang dapat di aplikasikan ke dalam modul membuat aplikasi Canva menjadi pilihan yang tepat untuk pembuatan modul yg lebih interaktif. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh nilai kevalidan rata-rata dengan kategori valid. Modul pembelajaran telah direvisi berdasarkan saran validator dan dapat disimpulkan modul pembelajaran PLC dan Pneumatik telah layak untuk diuji cobakan. Artinya bahan belajar yang disusun didalam modul dapat dipelajari mahasiswa secara praktis dan mandiri dimanapun. Pengujian praktikalitas modul pembelajaran didapatkan dari hasil pengisian angket praktikalitas kepada responden yaitu satu orang dosen ahli materi dan mahasiswa kelas dari prodi pendidikan teknik elektro sebanyak lima belas orang orang mahasiswa, uji praktikalitas di lihat dari segi kemudahan penggunaan modul pemebelajaran ,efisiensi waktu,daya tarik terhadap modul pembelajaran dan ekivalensi hasil uji praktikalitas yang di peroleh dari dosen yaitu dalam kategori sangat praktis. Sedangkan prolehan nilai praktikalitas pada mahsiswa sebesar memberikan nilai praktis dan mahasiswa meberikan nilai sangat praktis. Dapat di simpulkan bahwa modul pembelajaran yang di kembangkan telah memenuhi komponen kepraktisan di atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:06
Last Modified: 11 Oct 2021 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34429

Actions (login required)

View Item View Item