Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas VII Di SMP IT Hasanah Pantai Cermin Kabupaten Solok

Handayani, Fitri Azmi (2021) Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas VII Di SMP IT Hasanah Pantai Cermin Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_FITRI_AZMI_HANDAYANI_17329166_3836_2021.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Pendidikan Agama Islam berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII di SMP IT Hasanah Pantai Cermin Kabupaten Solok dan mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas dari modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Modul Pendidikan Agama Islam berbasis pendekatan saintifik divalidasi oleh 3 orang validator yang terdiri dari dosen Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeridengan menggunakan instrumen berupa lembar validitas. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru dan 25 orang siswa kelas VII SMP IT Hasanah PantaiCermin Kabupaten Solok dengan menggunakan instrumen berupa lembar praktikalitas. Hasil analisis lembar validitas, praktikalitas guru, dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) adalah 0,79; 0.92; 0.91. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa Modul Pendidikan Agama Islam berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII di SMP IT Hasanah Pantai Cermin Kabupaten Solok teruji validitas dan praktikalitasnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:49
Last Modified: 08 Oct 2021 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34414

Actions (login required)

View Item View Item