Pengaruh Collaborative Strategic Reading (CSR) dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bantan

Farahin, Siti Nur (2021) Pengaruh Collaborative Strategic Reading (CSR) dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bantan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SITI_NUR_FARAHIN_19174029_2118_2021.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran CSR dan pembelajaran ekspositori, mendeskripsikan pengaruh strategi CSR dan strategi ekspositori yang memiliki penguasaan kosakata tinggi dan rendah, dan mendeskripsikan interaksi antara strategi pembelajaran CSR dengan penguasaan kosakata dalam mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial atau factorial design (2x2). Instrumen pengumpul data adalah tes objektif berupa tes penguasaan kosakata dan tes kemampuan membaca pemahaman. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 23 orang dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol berjumlah 22 orang. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian sebagai berikut ini. Kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran CSR lebih baik daripada kelas kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini dilihat dari hasil th>tt maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi CSR terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki tingkat penguasaan kosakata tinggi yang dibelajarkan dengan strategi CSR lebih baik daripada siswa yang memiliki tingkat penguasaan kosakata tinggi yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori. Hal ini dilihat dari hasil th>tt maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi CSR terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki penguasaan kosakata tinggi. Kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki tingkat penguasaan kosakata rendah yang dibelajarkan dengan strategi CSR lebih baik daripada siswa yang memiliki tingkat penguasaan kosakata rendah yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori. Hal ini dilihat dari hasil th>tt maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi CSR terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki tingkat penguasaan kosakata rendah. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran CSR dengan penguasaan kosakata dalam mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dilihat dari hasil Fh>Ft maka hipotesis diterima. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran CSR dan penguasaan kosakata mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:49
Last Modified: 08 Oct 2021 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34412

Actions (login required)

View Item View Item