Tindak Tutur Ekspresif dalam Meme Dakwah Islam di Media Sosial Facebook dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Anekdot di SMA

Yunita, Elfira (2021) Tindak Tutur Ekspresif dalam Meme Dakwah Islam di Media Sosial Facebook dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Anekdot di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ELFIRA_YUNITA_17016014_3904_2021.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bentuk-bentuk bertutur dan fungsi bertutur. Selain itu, implikasi dalam pembelajaran teks anekdot agar siswa dapat bertutur yang baik dan benar dan mengimplikasikan dalam pembelajaran teks anekdot. Tujuan penelitian ini adalah ( 1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif dalam meme dakwah Islam di media sosial Facebook, (2) mendeskripsikan fungsi tindak tutur ekspresif dalam meme dakwah Islam di media sosial Facebook. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam meme dakwah Islam. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber tertulis berupa bahasa tulis yang terdapat dalam unggahan meme dakwah Islam di media sosial Facebook. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Teknik pengabsahan data penelitian ini adalah teknik uraian rinci. Pada teknik penganalisisan data dilakukan, (1) identifikasi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini terdri dari dua temuan. Pertama, dalam meme dakwah Islam di media sosial Facebook ditemukan enam bentuk tuturan ekspresif, yaitu (1) tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih, (2) tindak tutur mengucapkan maaf, (3) tindak tutur ekspresif mengkritik, (4) tindak tutur ekspresif memuji, (5) tindak tutur ekspresif mengeluh, dan ( 6) tindak tutur ekspresif menyindir. Pada penelitian ini tidak ditemukan tindak tutur ekspresif mengucapkan selamat dan tindak tutur ekspresif menyalahakan. Kedua, dalam meme dakwah Islam di media sosial Facebook ditemukan tiga fungsi tindak tutur ekspresif, yaitu ( 1) fungsi tindak tutur ekspresif kompetitif, (2) fungsi tindak tutur ekspresif menyenangkan, dan (3) fungsi tindak tutur ekspresif bekerj a sama. Pada penelitian ini tidak ditemukan fungsi tindak tutur ekspresif bertentangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tuturan dalam meme dakwah Islam di media sosial Facebook dominan menggunakan tindak tutur ekspresif mengkritik, tindak tutur ekspresif mengeluh, dan tindak tutur ekspresif menyindir. Dan fungsi tindak tutur ekspresif yang dominan digunakan adalah fungsi tindak tutur ekspresifkompetitif dan fungsi tindak tutur ekspresifbekerja sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:47
Last Modified: 08 Oct 2021 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34400

Actions (login required)

View Item View Item