Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Sawahlunto

Agustina, Huteri Dea (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HUTERI_DEA_AGUSTINA_17016023_3560_2021.pdf

Download (817kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan presentasi pembelajaran daring di SMP Negeri Kota Sawahlunto. Kedua, untuk mendeskripsikan interaksi pembelajaran daring di SMP Negeri Kota Sawahlunto. Ketiga, untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran daring di SMP Negeri Kota Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data kualitatif dalam penelitian ini dilengkapi dengan data kuantitatif. Data kualitatif akan diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif akan diperoleh dari hasil angket. Sumber data dalam penelitian ini ialah empat orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 80 orang siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Sawahlunto. Instrumen dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri untuk data kualitatif dan angket untuk instrumen data kuantitatif. Data dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Teori yang digunakan adalah teori pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitan ada tiga. Pertama, presentasi pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Sawahlunto dapat dikatakan baik jika dipandang dari segi pembelajaran daring. Guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri Kota Sawahlunto sudah memperlihatkan usahanya terkait dengan aspek presentasi pembelajaran daring. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Presentasi pembelajaran daring p ad a SMP N egeri 1 Sawahlunto dan SMP N egeri 6 Sawahlunto berada pada kualifikasi cukup, sedangkan pada SMP Negeri 4 Sawahlunto dan SMP Negeri 9 Sawahlunto berada pada kuliafikasi sudah baik jika dilihat dari segi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat berdasarkan RPP pembelajaran daring. Kedua, interaksi pembelajaran daring pada SMP Negeri 1 Sawahlunto, SMP Negeri 4 Sawahlunto, SMP Negeri 6 Sawahlunto dan SMP N egeri 9 Kota Sawahlunto berada pada kualifikasi sudah baik. Ketiga, evaluasi pembelajaran daring pada SMP Negeri 1 Sawahlunto dan SMP Negeri 6 Sawahlunto berada pada kualifikasi cukup, sedangkan pada SMP N egeri 4 Sawahlunto dan SMP N egeri 9 Sawahlunto berada pada kualifikasi sudah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:46
Last Modified: 08 Oct 2021 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34394

Actions (login required)

View Item View Item