Teknik Bowing dalam Pembelajaran Praktek Instrumem Mayor (gesek) di Prodi Pendidikan Musik Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Mimanda, Fela Vio (2021) Teknik Bowing dalam Pembelajaran Praktek Instrumem Mayor (gesek) di Prodi Pendidikan Musik Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Fela_Vio_Mimanda_17232004_3655_2021.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manfaat atau guna teknik bowing dalam matakuliah praktek instrumen mayor gesek di Prodi Pendidikan musik Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Objek penelitian teknik bowing dalam pembelajaran instrumen mayor gesek 1 dan 3 di prodi pendidikan musik FBS UNP. Subjek penelitian yaitu mahasiswa instrumen mayor gesek 1 dan 3, dosen instrumen mayor gesek. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Whole Bow (W.B) belum maksimal hasilnya karena kekuatan telunjuk yang kurang kuat mendorong penggesek lebih lurus atau tidak terkontrol. Penggunaan legato belum maksimal hasilnya karena belum bisa membagi penggesek sama banyak sebab kekuatan pada telunjuk yang kurang kuat mengontrol penggesek. Penggunaan staccato belum maksimal hasilnya karena telunjuk yang lemah dalam mendorong penggesek dan pergelangan tangan yang kaku mengakibatkan gesekan jadi kurang seimbang. Penggunaan spiccato belum maksimal hasilnya karena kekuatan telunjuk yang kurang kuat mendorong penggesek mengakibatkan panjang pendek gesekan kurang terkontrol untuk menghasilkan gesekan yang lebih pendek daripada staccato. Penggunaan legato staccato belum maksimal hasilnya karena kekuatan telunjuk yang lemah dan pergelangan tangan kaku membuat gesekan j adi tidak terbagi sama rata dan gesekan staccato kurang maksimal. Penggunaan legato spiccato belum maksimal hasilnya karena kurang mampu menghasilkan bunyi gesekan spiccato yang lebih pendek daripada staccato yang diakibatkan oleh kekuatan pada telunjuk yang lemah mendorong penggesek baik keatas (up bow) maupun ke bawah (down bow).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:44
Last Modified: 08 Oct 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34379

Actions (login required)

View Item View Item