Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Seni Musik pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Bukittinggi

Aulanda, Ghina (2021) Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Seni Musik pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_GHINA_AULANDA_17023059_3103_2021.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan blended learning terhadap hasil belajar seni musik menjadi berbeda, yaitu dengan cara menganalisis perbedaan hasil belajar menjadi lebih tinggi setelah dilaksanakannya Blended Learning dengan tersingkronisasi pada pembelajaran seni budaya di Kelas XI-MIPA2 SMAN 3 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI, sementara sampelnya ada pada 36 siswa kelas XI-MIPA2 yang menjadi kelas eksperimen dan 36 siswa kelas XI-MIPA6 yang menjadi kelas kontrrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling. Sedangkan untuk menguji perbedaan pengaruh hasil belajar dari perlakuan pembelajaran berbeda dilakukan dengan uji- t sebagai uji perbedaan signifikasi rerata kelas, dari hasil posttest di kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian membutikan bahwa dengan diperolehnya nilai t-hitung pada skor 7,625 yang dibandingkan dengan t-tabel pada skor 1,68957 menggunakan program SPSS versi 16, maka pada hitungan a = 0,05 dan df = 35, hasil perhitungan perbedaan rerata hasil belajar adalah signifikan. Karena nilai t-hitung pada skor = 7,625 lebih besar dari nilai t-tabel di 1,68957. Artinya thitung > 1tabel• Sehingga hipotesis kerja (H1) penelitian diterima, sedangkan hipotesis nihilnya (Ho)-nya ditolak. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melaksanakan blended learning dengan cara tersingkronisasi (synchronous) berpengaruh terhadap hasil belajar seni musik siswa pada kelas XI IPA SMAN 3 Bukittinggi menjadi lebih tinggi daripada menggunakan blended learning tidak tersingkronisasi ( a­ synchronous).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:44
Last Modified: 08 Oct 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34377

Actions (login required)

View Item View Item