Indra, Novia (2021) Perbandingan Kompetensi Belajar Antara Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Creative Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Awal Peserta Didik Kelas XI SMA Adabiah Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_3_NOVIA_INDRA_18177019_717_2021.pdf Download (729kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran dalam Biologi menuntut peserta didik memiliki kemampuan menganalisis dalam mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsi-fungsi konstituen dari suatu proses atau konsep, serta menyusun metodologi atau proses yang akan diimplementasikan melalui kemampuan pemecahan masalah. Kondisi ini menuntut guru harus kritis dalam menentukan model, metode dan media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Guru SMA Adabiah Padang telah mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction, namun sayangnya penerapan model PBI masih belum memberikan peningkatan kompetensi peserta didik yang diharapkan. Oleh karena itu peneliti menawarkan model pembelajaran Creative Problem Solving sebagai model alternatif untuk meningkatkan kompetensi belajar dengan memperhatikan kemampuan awal sebagai prasyarat penting dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian berupa Factorial Design 2x2 untuk kompetensi pengetahuan dengan memperhatikan kemampuan awal, sedangkan desain penelitian untuk mengukur kompetensi sikap dan keterampilan menggunakan The Static Group Comparison. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Adabiah Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar soal pilihan ganda, lembar penilaian sikap, dan penilaian produk. Analisis data pengetahuan dengan kemampuan awal menggunakan ANOVA dua arah, sedangkan sikap dan keterampilan menggunakan uji Mann Whitney U dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pengetahuan yang memperhatikan kemampuan awal peserta didik serta sikap dan keterampilan yang menerapkan model pembelajaran CPS lebih baik dibandingkan peserta didik yang menerapkan model PBI. Selain itu, terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 01:44 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 01:44 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34269 |
Actions (login required)
View Item |