Usaha Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Daulay, Lamsarito (2021) Usaha Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_LAMSARITO_DAULAY_1104085_1370_2021.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Keterlibatan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran IPA di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan sangat kurang. Ini terlihat dari rendahnya nilai rata�rata Ujian Harian IPA Semester 1 kelas VII. Sebagian besar siswa belum mampu mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Siswa masih kurang aktif berinteraksi baik antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru. Ini disebabkan kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VII SMPN 6 Padangsidimpuan yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus pembelajaran. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi kognitif pada siklus I dan II yaitu 51,6 dan 74,1. Peningkatan kompetensi afektif pada siklus I dan siklus II yaitu 68,7 dan 74,5. Peningkatan kompetensi psikomotor pada siklus I dan siklus II yaitu 64,9 dan 71,7. Dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:09
Last Modified: 30 Sep 2021 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34212

Actions (login required)

View Item View Item