Pengembangan E-LKPD IPA Terpadu Berbantukan Model Problem Based Learning dengan Tema Gerak dalam Kehidupan Menggunakan Tipe Connected Terintegrasi Pembelajaran Abad 21

Marshel, Joviana (2021) Pengembangan E-LKPD IPA Terpadu Berbantukan Model Problem Based Learning dengan Tema Gerak dalam Kehidupan Menggunakan Tipe Connected Terintegrasi Pembelajaran Abad 21. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_JOVIANA_MARSHEL_18175016_1367_2021.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah dengan materi yang disajikan belum terpadu dan masih terpusat kepada pendidik, proses pembelajaran masih belum sesuai karakter pendidikan abad 21 (4C) dimana E-LKPD IPA belum terlihat kecakapan berpikir kritis dalam pemecahan masalah yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik berpikir tingkat tinggi (HOTS), serta belum bisa mengemukakan ide-ide kreatif peserta didik secara konseptual dan praktikal, untuk mengatasi hal tersebut peneliti terdahulu telah mengembangkan buku guru dan buku siswa dengan tematik terintegrasi pembelajaran abad 21, namun perlu dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar berupa E-LKPD terintegrasi pembelajaran abad 21 yang mendukung pelaksanaan buku guru dan buku siswa tersebut untuk membantu peserta didik dalam melaksanakan praktikum berupa elektronik agar LKPD yang digunakan lebih optimal dalam menghadapi tantangan abad 21. Tujuan dilakukan penelitian pengembangan yakni untuk melihat kepraktisan dari E-LKPD IPA Terpadu berbantukan model Problem Based Learning dengan tema gerak dalam kehidupan menggunakan tipe Connected yang terintegrasi pembelajaran abad 21 yang valid, Praktis dan Efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari 3 fase yaitu 1) preliminary research (tahap pendahuluan); 2) prototyping phase (tahap perancangan); 3) assessment phase (tahap penilaian). Ujicoba dilakukan di MTsN 10 Padang Pariaman. Instrumen pengumpulan data terdiri dari instrumen tahap preliminary research yang terdiri dari lembar observasi berupa wawancara dan kuisioner. Instrumen penilaian E-LKPD adalah lembar validasi dan lembar praktikalitas lembar obeservasi keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, keterampilan kreatif dan inovasi, keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kolaborasi yang dianalisis menggunakan deskripsi persentase. Tes Essay digunakan untuk melihat hasil belajar dari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD IPA Terpadu berbantukan model Problem Based Learning dengan tema gerak dalam kehidupan menggunakan tipe Connected yang terintegrasi pembelajaran abad 21 berkategori valid dengan nilai validitas 0.79 dari ahli. E-LKPD IPA Terpadu yang dikembangkan praktis digunakan dengan nilai praktikalitas 0.87 dari peserta didik dan 0.89 dari pendidik. Nilai efektivitas dari keempat keterampilan abad 21 yaitu nilai 62.7% sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan mendapat nilai 85.1% untuk keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Nilai 62.7% sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan mendapat nilai 87.7% untuk keterampilan kreatif dan inovasi. Nilai 65.8% sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan mendapat nilai 92.22% keterampilan bekerjasama/berkolaborasi. Nilai 56.4% sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan mendapat nilai 86.10% untuk keterampilan berkomunikasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Sep 2021 07:56
Last Modified: 29 Sep 2021 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34207

Actions (login required)

View Item View Item