Pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan Tamu yang Menginap di Hotel Grand Inna Padang.

Tusya’ada, Rafika (2021) Pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan Tamu yang Menginap di Hotel Grand Inna Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RAFIKA_TUSYAADA_17135045_1906_2021.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyaknya tamu yang belum puas di Hotel Grand Inna Padang, masih ada komplain dari tamu dan komunikasi yang kurang baik dari karyawan dengan tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing di Hotel Grand Inna Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk hubungan kausal. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variable terikat. Populasi penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di Hotel Grand Inna Padang dengan menggunakan teknik non probability sampling. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket atau kuesioner yang tersusun. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner (angket) yang disusun menurut skala likert. Penelitianini menggunakan sampel minimum untuk diuji coba sebanyak 100 orang responden. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah 1) variabel X (Relationship Marketing) dari indikator yang sudah ditentukan menunjukan secara keseluruhan dengan nilai persentase sebesar 69% berada pada≥67,95 termasuk kategori sangat baik, 2) variabel Y (Kepuasan Tamu) dari indikator yang sudah ditentukan menunjukkan secara keseluruhan dengan nilai persentase sebesar 73% berada pada ≥47,85termasuk kategori sangat puas, 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara Relationship Marketing terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Grand Inna Padang sebesar 26,1% sedangkan 73,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:07
Last Modified: 29 Sep 2021 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34195

Actions (login required)

View Item View Item