Pengaruh Storytelling Picture Book Menggunakan Wordbook dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Taman Kanak-kanak di Kota Padang

Yanti, Endri (2021) Pengaruh Storytelling Picture Book Menggunakan Wordbook dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Taman Kanak-kanak di Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ENDRI_YANTI_17330016_1425_2021.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang digunakan belum memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap aspek perkembangan bahasa yaitu kesiapan membaca anak. Selain itu faktor eksternal, faktor internal juga akan memberikan penagruh terhadap kesiapan membaca anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh story telling dan minat belajar terhadap kesiapan membaca anak Taman Kanak-kanak kelompok B di Kota Padang tahun 2020. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B Taman Kanak-kanak di Kota Padang dengan teknik multistage random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif berupa deskripsi data hasil penelitian, sedangkan analisis statistik inferensial berupa uji ANAVA dua jalur dan uji Tukey dengan taraf signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh story telling dan minat belajar terhadap kesiapan membaca dengan hasil uji ANAVA dua jalur sebesar Fhitung = 22,10 > Ftabel = 4,26. Selain itu, terdapat interaksi antara story telling dan minat belajar terhadap kesiapan membacal dengan F(OAB) = 54,96 > Ftab = 4,26. Berdasarkan hasil uji Tukey diperoleh QhitungA1B1-A2B1 = 12,11 > Qtabel = 3,34. Hal ini menunjukkan bahwa pada kelompok anak yang menunjukkan minat belajar tinggi, kesiapan membaca anak yang diberikan story telling menggunakan buku cerita lebih tinggi dibandingkan kelompok anak yang diberikan story telling menggunakan kartu kata. Hasil uji Tukey yang diperoleh QhitungA1B2-A2B2 = -2,14 > Qtabel = -3,34. Hal ini menunjukkan bahwa pada kelompok anak yang menunjukkan minat belajar rendah, kesiapan membaca anak yang diberikan story telling menggunakan buku cerita lebih rendah dibandingkan kelompok anak yang diberikan story telling menggunakan kartu kata. Dengan demikian masing-masing H1 pada setiap hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Sep 2021 00:35
Last Modified: 27 Sep 2021 00:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34080

Actions (login required)

View Item View Item