Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Inkuiri Terstruktur Menggunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI SMA

Adriani, Dika (2021) Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Inkuiri Terstruktur Menggunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DIKA_ADRIANI_18176018_1513_2021.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap validitas, praktikalitas dan efektivitas dari e-modul asam basa berbasis inkuiri terstruktur menggunakan tiga level representasi kimia terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian ini adalah Researh and development (R&D) dan model pengembangan Plomp. Instrument penelitian yang digunakan yaitu angket validitas, praktikalitas dan soal tes. E-modul divalidasi oleh 6 orang validator. Subjek uji praktikalitas dan efektivitas yaitu 132 siswa kelas XI yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol serta 2 orang guru kimia yang berasal dari Sekolah Menengah Atas di Kota Padang. Uji validitas dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V. hasil praktikalitas guru dianalisis menggunakan formula kappa cohen dan praktikalitas siswa dengan rumus skala likert. Dari hasil validitas diperoleh 0,85 dengan kategori kevalidan sangat valid. Hasil praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh 0,9 dan 90% dengan kategori sangat tinggi. Hasil evektifitas menujukkan bahwa e-modul asam basa berbasis inkuiri terstruktur berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa, terbukti dengan peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest. Hasil uji normalitas dan homogenitas menyatakan bahwa hasil belajar dan HOTS semua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t HOTS dan hasil belajar memperoleh nilai sig (2-tailed) <0,05 artinya hasil belajar dan HOTS siswa yang belajar menggunakan e-modul asam basa berbasis inkuiri terstruktur dan tanpa menggunakan e-modul asam basa berbasis inkuiri terstruktur berbeda secara signifikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:58
Last Modified: 24 Sep 2021 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34048

Actions (login required)

View Item View Item