Artis Sarweran dalam Hiburan Malam Musik Orgen Tunggal Dikalangan Remaja di Kecamatan 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman

Alamanda, Dian (2021) Artis Sarweran dalam Hiburan Malam Musik Orgen Tunggal Dikalangan Remaja di Kecamatan 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_DIAN_ ALAMANDA_15162002_519_2021.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana fenomena artis saweran dalam hiburan malam musik orgen tunggal dikalangan remaja di Kecamatan 2x11 Kayutanam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan fenomena artis saweran dikalangan remaja, faktor yang mempengaruhi fenomena artis saweran dan upaya lembaga pendidikan dalam mengantisipasi artis saweran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang dinilai bisa memberikan data dan informasi secara maksimal dan sesuai dengan masalah penelitian. Analisis data dilakukan dengan reduksi data,penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik pengumpulan data. Penelitian ini menemukan bahwa (1). Munculnya remaja yang bekerja sebagai artis saweran dengan alasan untuk memenuhi kebutuhannya dan anggota keluarga lainnya. Fungsi dan peran keluarga yang tidak seimbang dan diikuti mulai merosotnya kekuatan adat Minangkabau karena pengaruh masuknya artis saweran yang populer di pulau Jawa kemudian diitiru oleh Artis orgen di masyarakat kecamatan 2x11 Kayutanam. (2). Kemudahan dalam memasuki dunia kerja sebagai artis saweran, gaya hidup remaja, kondisi ekonomi orang tua yang belum maksimal memenuhi kebutuhan hidup remaja. (3). Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler yang lebih beragam yang disesuaikan dengan kebutuhan saat sekarang ini, meningkatkan program sosialisasi tentang dampak negatif perilaku menyimpang dalam kehidupan remaja, sekolah berupaya menjalin kerjasama dengan tokoh adat, walinagari dan camat atau pemerintahan setempat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:57
Last Modified: 24 Sep 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34045

Actions (login required)

View Item View Item