Pengembangan Permainan Edukasi Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Padang

Roza, Desmawati (2021) Pengembangan Permainan Edukasi Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DESMAWATI_ROZA_18330004_1470_2021.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang ideal yaitu pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Sebagian besar anak sering menghabiskan waktu menggunakan Smartphone untuk bermain Permainan sehingga mengurangi waktu untuk belajar. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan selain mengawasi penggunaannya yaitu menciptakan permainan yang ramah anak atau berdampak positif terhadap kecerdasan anak terutama logika matematika yaitu dengan mengembangkan permainan edukasi berbasis model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan edukasi berbasis model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implemention, dan Evaluation). Hasil validitas permainan edukasi berbasis model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini dinyatakan valid dan hasil kelayakan media sangat layak digunakan, dengan nilai rata-rata Aiken’s V oleh ahli materi yaitu 0,81 dan hasil nilai rata-rata Aiken’s V oleh ahli media yaitu 0,95. Hasil praktikalitas permainan edukasi berbasis model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini dinyatakan sangat praktis, dengan hasil rata-rata persentase praktikalitas yaitu 92 %. Hasil presentase efektivitas yaitu 87 % dan permainan edukasi berbasis model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini dinyatakan sangat efektif sebagai. Dapat disimpulkan media permainan edukasi berbasis model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini dinyatakan valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:57
Last Modified: 24 Sep 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34038

Actions (login required)

View Item View Item