Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Peluang Untuk Kelas XII SMA/MA.

Lesmana, Yogi (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Peluang Untuk Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YOGI_LESMANA_ 16029053_504_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi Peluang untuk peserta didik kelas XII SMA/MA berbasis model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis problem based learning yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu fase investigasi awal (Preliminary Research), fase pengembangan (Prototyping Phase), dan fase penilaian (Assessment Phase). Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Fase pengembangan merupakan tahap untuk merancang perangkat pembelajaran yang terdiri dari prototype 1, prototype 2, dan prototype 3. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation. Pada prototype 2 dilakukan expert review oleh pakar pendidikan matematika untuk melihat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Pada prototype 3 dilakukan ujicoba satu-satu (One-to-One Evaluation) dengan mengujicobakan LKPD yang sudah divalidasi kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan kognitif heterogen. Tahap terakhir yaitu fase penilaian untuk melihat kepraktisan LKPD melalui hasil angket praktikalitas terhadap angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD mempunyai tingkat validitas 84,24% dengan kategori sangat valid dan mempunyai tingkat praktikalitas 91,66% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dihasilkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:34
Last Modified: 22 Sep 2021 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33967

Actions (login required)

View Item View Item