Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Sari, Sintia Kartika (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SINTIA_KARTIKA_SARI_16029132_3_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep menjadi dasar untuk bisa menguasai kemampuan matematis lainnya. Namun, kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik saat ini masih tergolong rendah. Jika permasalahan ini diabaikan, akan berdampak negatif untuk peserta didik. Melalui penelitian ini, akan diuraikan secara teoritis mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe formulateshare-listen-create (FSLC) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yaitu dengan mencari, mengumpulkan, dan menganalisis bahan tulisan dari buku, jurnal maupun artikel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Analisis isi merupakan teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui dan menelaah data yang telah dikumpulkan. Teknik ini diperlukan untuk membahas secara mendalam mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe FSLC terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Berdasarkan studi yang dilakukan, diperoleh bahwa secara teoritis model pembelajaran kooperatif tipe FSLC dapat berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hal ini disebabkan karena pada setiap tahapan FSLC membantu peserta didik terlibat aktif dan mengkonstruksi sendiri pemahamannya dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis. Kegiatan formulate akan mendukung peserta didik untuk bisa berpikir mandiri dan mampu mengkonstruksi hasil pemikirannya sendiri. Pada saat kegiatan share, peserta didik akan memperoleh pemahaman baru dari hasil diskusi bersama pasangannya. Lalu, pada saat mendengar pendapat pasangaan (listen), peserta didik akan saling memberi arahan dan pemahaman yang baik untuk dapat mempelajari konsep yang ada. Kegiatan create akan membetuk peserta didik dapat menanamkan konsep yang dipelajari dari hasil diskusi bersama pasangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Sep 2021 00:54
Last Modified: 22 Sep 2021 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33876

Actions (login required)

View Item View Item