Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA.

Dara, Sariati (2021) Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SARIATI_DARA_16033029_405_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Abad 21 ditandai dengan cepatnya informasi tersebar dan mudah didapatkan pada era globalisasi dan pengetahuan. Pada abad 21 manusia dituntut supaya dapat menguasai IPTEK dan dapat beradaptasi dengan perkembangan IPTEK, supaya terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang sigap dan tanggap untuk menghadapi berbagai persaingan. Kondisi nyata yang ditemukan di lapangan adalah masalah yang adanpada tingkatan kelas, materi pembelajaran, model pembelajaran yang diterapkan, dan hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penggunaan Laboratorium Virtual Fisika terhadap hasil belajar siswa SMA. Oleh karena itu perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai Laboratorium Virtual. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Meta-analisis. Meta Analisis adalah penelitian yang dilakukan peneliti dengan cara merangkum data penelitian, mereview dan menganalisis data penelitian dari beberapa hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya. Langkah-langkah meta analisis yaitu melakukan tinjauan pustaka, mengumpulkan data, mempelajari dan menilai jurnal, menganalisis dan menafsirkan jurnal dan menyusun hasil laporan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menghitung ukuran efek menggunakan rumus Glass (1981) berdasarkan rerata, standar deviasi, dan uji t. Dari analisis data yang dilakukan dapat dinyatakan empat hasil penelitian ini. Pertama, penggunaan Laboratorium Virtual memberikan pengaruh yang berarti pada tingkatan kelas X SMA dan XI SMA dibandingkan pada tingkatan kelas XII SMA. Kedua, penggunaan Laboratorium Virtual memberikan pengaruh yang berarti pada materi Listrik Dinamis dengan efek rata-rata 1,30. Ketiga, penggunaan Laboratorium Virtual memberikan pengaruh yang berarti pada pembelajaran yang diterapkan yang berarti pada inkuiri terbimbing dengan efek rata-rata 1,77. Keempat, penggunaan Laboratorium Virtual memberikan pengaruh yang berarti pada hasil belajar siswa dalam aspek pengatuhuan dengan efek ratarata 1,25.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:09
Last Modified: 21 Sep 2021 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33868

Actions (login required)

View Item View Item