Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMPN 1 Baso.

Meysi, Ririn Rizkiyanti (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMPN 1 Baso. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIRIN_RIZKIYANTI_MEYSI_16029127_1953_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitianbertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi Segiempat dan Segitiga untuk kelas VII berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan modelPlomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu investigasi awal, pengembangan, dan penilaian. Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Pada fase pengembangan dilakukan evaluasi formatif yang terdiri atas perancangan dan evaluasi sendiri, validasi oleh pakar dan evaluasi perorangan. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika dan pakar bahasa. Pada fase evaluasi perorangan, LKPD diuji cobakan kepada 3 orang peserta didik kelas VII SMPN 1 Baso yang memiliki kemampuan kognitif heterogen. Kepraktisan LKPD dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap angket respon peserta didik. Hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. LKPD sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena LKPD yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Straypada materi Segiempat dan Segitigavalid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:31
Last Modified: 20 Sep 2021 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33826

Actions (login required)

View Item View Item