Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Kelas VIII SMP.

Amnur, Ridwan (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIDWAN_AMNUR_16029029_557_2021.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bahan ajar yang mampu menunjang pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. LKPD memuat rangkaian kegiatan dengan tujuan pencapaian pemahaman akan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang valid dan praktis dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu fase investigasi awal (Preliminary Research), fase pengembangan (Prototyping Phase), dan fase penilaian (Assessment Phase). Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis pese0rta didik. Fase pengembangan merupakan tahap untuk merancang perangkat pembelajaran yang terdiri dari prototype 1, prototype 2, dan prototype 3. Pada prototype 1 dilakukan merancang LKPD. Pada prototype 2 dilakukan self evaluation dan expert review oleh pakar pendidikan matematika untuk melihat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Pada prototype 3 dilakukan ujicoba satu-satu (One-to-One Evaluation) dengan mengujicobakan LKPD yang sudah divalidasi kepada tiga orang peserta didik. Tahap terakhir yaitu fase penilaian untuk melihat kepraktisan LKPD melalui hasil angket praktikalitas terhadap angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning dari aspek komponen LKPD, isi, bahasa, dan kegiatan pembelajaran mempunyai tingkat validitas 83,3% dengan kategori sangat valid. Dan berdasarkan hasil analisis angket kepraktikalitas LKPD menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning dari aspek kemudahan dan kemanfaatan, efesiensi waktu, dan kemenarikan tampilan yang diperlukan LKPD mempunyai tingkat praktikalitas 86,25% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2021 07:17
Last Modified: 17 Sep 2021 07:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33821

Actions (login required)

View Item View Item