Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual laboratory Pada Materi Asam Basa untuk Kelas XI SMA/MA.

Oktarina, Reni (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual laboratory Pada Materi Asam Basa untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RENI_OKTARINA16035033_1001_2021.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Virtual laboratory atau laboratorium virtual adalah media yang dapat digunakan untuk memahami pokok bahasan dan dapat memberikan solusi terhadap keterbatasan ketiadaan perangkat laboratorium. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari materi asam basa adalah e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory pada materi asam basa yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Uji validitas dari e-modul dilakukan oleh ahli yaitu 2 orang dosen kimia UNP, 1 orang dosen Teknologi Pendidikan UNP dan 2 orang guru kimia, sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 18 orang siswa SMAN 3 Solok Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas dan angket praktikalitas. Hasil uji validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula Aiken’s V diperoleh uji validitas rata-rata V sebesar 0,80 dengan kategori kevalidan tinggi, dan uji praktikalitas oleh guru dan siswa masing-masing 0,82 dan 0,89 dengan kategori kepraktisan tinggi. Hasil analisis jawaban pada e-modul diperoleh rata-rata jawaban yang benar adalah 91,07 % pada pertanyaan kunci, 92,38% pada lembar kerja dan 91,9% pada lembar evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul asam basa berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:30
Last Modified: 17 Sep 2021 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33814

Actions (login required)

View Item View Item