Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Kelas VII SMP/MTs.

Mawadah, Rahmita (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RAHMITA_MAWADAH_1301459_758_2021.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 mendorong peserta didik untuk menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS). Hasil wawancara dengan guru IPA SMPN 23 Padang, diketahui bahwa SMPN 23 Padang telah menerapkan Kurikulum 2013. Selama proses pembelajaran guru sudah memanfaatkan buku paket kelas VII dari Kemendikbud Terbitan 2013 dan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dari Majelis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Namun, LKPD tersebut belum memuat soal-soal dalam bentuk analisis, evaluasi, dan mencipta sehingga kurang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS pada materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 3 tahapan dari model 4-D (four-D models). Tahap define meliputi analisis awalakhir, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan perancangan LKPD berbasis HOTS. Tahap develop dilakukan uji validitas LKPD oleh 3 orang validator dan uji praktikalitas oleh 1 orang guru dan 20 peserta didik SMPN 23 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas, angket praktikalitas dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian telah dihasilkan LKPD berbasis HOTS pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Kelas VII SMP/MTs yang sangat valid dengan nilai 91,74% sangat praktis dengan nilai 93,65%. Nilai Praktikalitas dari guru sangat praktis 92,5% dan nilai praktikalitas sangat praktis dengan nilai 94,80%. Dengan demikian dapat disimpulkan LKPD berbasis HOTS pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Kelas VII SMP/MTs yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2021 07:10
Last Modified: 16 Sep 2021 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33802

Actions (login required)

View Item View Item