Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Gunung Tuleh

Thania, Mira (2021) Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Gunung Tuleh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MIRA_THANIA_17031025_2005_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Masalah yang sering ditemukan dalam proses belajar mengajar adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar adalah perilaku belajar seseorang yang telah tertanam dalam waktu yang relatif lama sehingga memberikan ciri dalam aktivitas belajar yang dilakukan. Hasil observasi di SMPN 1 Gunung Tuleh menunjukkan bahwa kebiasaan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA masih tergolong kurang baik. Hal ini dilihat dari hasil wawancara denganguru IPA dan penyebaran angket kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik Kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi yang dilakukan pada bulanOktober 2020 sampai April 2021 di Kelas VIII SMPN 1 Gunung Tuleh pada tahun pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian berjumlah 71 orang peserta didik yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah saturation sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket kebiasaan belajar. Data penelitian dianalisis menggunakan korelasi spearman Rank kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui korelasinya. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasiantara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik dengan nilai r= 0,35; koefisien nilai thitungyaitu 3,104 lebih besar darittabelyaitu 2,0; sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Gunung Tuleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Sep 2021 01:13
Last Modified: 15 Sep 2021 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33728

Actions (login required)

View Item View Item