Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik tentang Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP.

Purwanti, Maya (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik tentang Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MAYA_PURWANTI_17031022_2010_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 berbasis pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik tidak mampu bertanya, akibatnya pembelajaran difokuskan pada guru. Materi Struktur dan fungsi tumbuhan sulit dipahami oleh peserta didik karena materinya yang kompleks, bersifat hafalan, dan tidak ada praktikum. Peserta didik juga belum memiliki LKPD berbasis pendekatan saintifik tentang materi struktur dan fungsi tumbuhan. Berdasarkan masalah-masalah yang peneliti temukan, peneliti melakukan penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik tentang materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tahapan model 4-D. Pada penelitian ini hanya dilakukan tiga tahapan pada model 4-D, yaitu tahap define, design, dan develop. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, satu orang guru IPA SMPN 02 Batang Gasan dan 30 peserta didik kelas VIII SMP. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik tentang materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk kelas VIII SMP. Data penelitian berupa data primer yang terdiri dari data validitas dan praktikalitas. Hasil validasi diperoleh rata-rata 93,56% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh rata-rata 90,1% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji praktikalitas oleh peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 87.42% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk kelas VIII SMP sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:14
Last Modified: 14 Sep 2021 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33723

Actions (login required)

View Item View Item