Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Tentang Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI Di SMAN 1 Payakumbuh.

Vela, Latifa Vita (2021) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Tentang Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI Di SMAN 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LATIFA_VITA_VELA_17031095_1808_2021.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah bagian dari sumber belajar yang merupakan kombinasi perangkat lunak (bahan ajar) dengan perangkat keras (alat belajar), salah satu jenis media pembelajaran adalah e-learning. E-learning adalah media pembelajaran yang menggunakan internet untuk menyampaiakan bahan pembelajaran dari guru ke peserta didik. Salah satu media e-learning adalah edmodo. Edmodo adalah platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang diperuntukan untuk peserta didik, guru dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo tentang materi sistem sirkulasi kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang dan SMAN 1 Payakumbuh. Subjek uji coba penelitian ini adalah 30 orang peserta didik Kelas XI SMAN 1 Payakumbuh sebagai praktikalitas penggunaan e-learning berbasis Edmodo dan objek penelitian ini adalah media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo tentang materi sistem sirkulasi yang divalidasi oleh dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan seorang guru biologi SMAN 1 Payakumbuh. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa hasil validasi yang diolah dengan teknik deskritif kualitatif menunjukkan nilai rata-rata sebesar 84,86% dengan kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa e-learning berbasis Edmodo dikembangkan valid baik dari segi aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun aspek kegrafikaan. Hasil praktikalitas menunjukkan nilai rata-rata 87,82% untuk guru dengan kategori praktis dan 91,77% untuk peserta didik dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, e-learning berbasis Edmodo tentang materi sistem sirkulasi untuk peserta didik kelas XI di SMAN 1 Payakumbuh sudah valid dan praktis untuk membantu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:35
Last Modified: 14 Sep 2021 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33681

Actions (login required)

View Item View Item